Selasa, 12 Februari 2013

Contoh Makalah Putri Lingkungan


untuk calon putling.....


SIKAP DAN HARAPAN
SEORANG PUTRI LINGKUNGAN

“Putri Lingkungan”, seorang wanita yang mempunyai rasa peduli yang tinggi terhadap lingkungan. Seorang putri lingkungan juga harus mempunyai pengetahuan lebih tentang lingkungan dan dia juga harus mempunyai kemampuan atau bakat yang bermanfaat untuk orang lain.
Inerbeauty pada seorang putri lingkungan juga tidak kalah penting. Dia akan mempunyai nilai yang lebih jika dia mempunyai kepribadian yang baik. Karena seorang putri lingkungan merupakan contoh atau pelopor dari suatu gerakan cinta lingkungan. Dengan kepribadian yang baik, masyarakat akan lebih percaya padanya, sehingga ajakan menuju kebaikkan atau terciptanya lingkungan yang diharapkan akan lebih mudah.
Jika saya mendapat kesempatan memperoleh kehormatan sebagai putri lingkungan, semoga saya telah memenuhi kriteria di atas. Dan ketika saya telah terpilih, semoga dengan adanya saya, masyarakat Kediri menjadi masyarakat yang “Peduli, Sehat, dan Bermanfaat”. Jika semua itu berhasil dicapai oleh masyarakat Kediri, Insya Allah lingkungan yang diharapkan oleh bapak wali kota yaitu lingkungan yang “bersahaja” (Bersih, Sehat, Aman, Hijau, dan Asri) dan lingkungan yang kita harapkan bisa tercapai.
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, peduli mempunya arti memperhatikan, menghiraukan, mencampuri suatu perkara. Hal ini menunjukkan bahwa ada kemauan untuk memperhatikan lingkungan yang ada di sekitarnya. Hal ini merupakan awal yang penting untuk mencapai suatu tujuan karena dengan adanya kemauan akan mempermudah mencapai tujuan tersebut.
Kemudian mewujudkan kata “sehat”. Saya berharap dengan adanya masyarakat yang peduli, akan mempermudah untuk mewujudkan kata “sehat”. “Sehat” tidak hanya dilihat dari lingkungan yang berupa fisik saja, akan tetapi dilihat juga dari sehatnya orang-orang yang ada lingkungan tersebut. Maksud dari sehatnya orang-orang di lingkungan tersebut adalah sehatnya moral, sikap, atau, kepribadian mereka. Diharapkan mereka mempunyai tutur kata yang sopan dan tingkah laku yang santun. Selain itu ketaatan terhadap hukum dan norma agama juga sangat penting sehingga pergaulan bebas atau hamil pranikah, penyalah gunaan narkoba, dan sebagainya jumlahnya akan menyusut bahkan tidak ada.
Dengan keadaan masyarakat yang seperti itu, maka akan tercipta lingkungan yang sehat. Dalam arti lain lingkungan tersebut cukup cahaya mataharinya, bersih, kaya akan oksigen, dan sebagainya. Sehingga  apabila kita berada di lingkungan tersebut, kita tidak akan dibuat sakit karenanya. Saya juga berharap masyarakat dapat menciptakan lingkungan sehat atas kesadaran masing-masing individu. Selain itu masyarakat diharapkan dapat menjaga lingkungan tanpa paksaan.
Semua itu akan “bermanfaat”, tidak hanya masyarakat yang sadar saja tetapi orang-orang di sekitarnya juga akan merasakan manfaatnya. Agar kita bisa merasakan manfaatnya maka  harus direalisasikan pada kehidupan kita yg sebenaranya.
Untuk mencapai semua itu ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, yaitu:  
  1. Melaksanakan gotong royong di setiap desa, selain pekerjaanya cepat selesai dan lingkungan kembali bersih, gotong royong juga dapat mempererat tali persaudaraan.
  2. Melaksanakan penghijauan yang dapat memperkaya oksigen yang diperlukan tubuh kita, dengan banyaknya tanaman, polusi udara juga akan terobati.
  3. Menyediakan tempat sampah organik dan anorganik di tepi jalan untuk pejalan kaki, setiap rumah, swalayan, restauran dan tempat umum lainnya.
  4. Memanfaatkan sampah anorganik menjadi barang-barang yang bermanfaat, begitu juga sampah organik menjadi kompos, dan sebagainya.
  5. Agar masyarakat semangat untuk memanfaatkan  sampah anorganik, maka perlu diadakannya pameran kerajinan dari sampah anorganik yang dilombakan atau lomba pemanfaatan sampah anorganik di setiap rumah. 
  6. Sosialisasi tentang pemanfaatan sampah, pergaulan bebas, dan bagaimana menjadi masyarakat yang baik.
  7. Mengadakan kegiatan-kegiatan religius dan menghidupkan tempat-tempat ibadah.
Jika semua itu dapat tercapai maka akan memberikan nilai plus pada Kota Kedri dan masyarakatnya. Sehingga membuktikan bahwa Kota Kediri tidak salah jika telah memperoleh penghargaan Adipura.
Demikianlah beberapa harapan dan beberapa gagasan saya mengenai tindakan yang bisa dilakukan untuk mewujudkan lingkungan sehat dan seorang putri lingkungan tidak dapat bekerja sendiri.








0 komentar:

Posting Komentar

Tanggal berapa hari ini?


Halaman

Translate

followers..